Saturday, March 23, 2013

bagaimanakah status bakrie school of management? mohon penjelasan lengkap!!!?

Q. pendidikan

A. Bakrie School of Management (BSM) dikelola oleh Yayasan Pendidikan Bakrie (YPB), yayasan yang didirikan oleh keluarga Bakrie, dengan tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan bisnis yang berkualitas internasional.

Didukung oleh infrastruktur bisnis Kelompok Usaha Bakrie (KUB) yang luas, dosen yang kompeten, serta dosen tamu CEO KUB dari berbagai bidang industri dan keahlian, sehingga terjalin suatu sinergi proses belajar mengajar yang bagus. Sesi-sesi kuliah rutin dari para CEO KUB, kunjungan-kunjungan ke lokasi usaha, pendampingan dan magang baik di KUB maupun Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan kesempatan "best practice sharing" yang sangat berharga, karena siswa dapat belajar langsung ke sumbernya.

Perkuliahan dilakukan dalam bahasa Indonesia hingga semester IV dengan pendalaman bahasa Inggris. Mulai semester V, sebagian perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris dengan pengajar/pembicara tamu dari beberapa universitas di luar negeri.

Kurikulum mengacu kepada standar internasional dengan menggabungkan teori dan praktik kerja di dunia usaha. Selain memiliki "internal working laboratory" yang ada di KUB, fasilitas lain adalah "external working laboratory", yakni sejumlah sentra utama Usaha Kecil Menengah yang menjadi mitra BSM. Dengan demikian diharapkan lulusan akan menguasai dasar kewirausahaan, mempunyai jiwa kepemimpinan, fasih berbahasa Inggris yang akan menjadi landasan dan wawasan yang kuat untuk menjadi pebisnis yang profesional.



Saat ini BSM mempunyai dua program studi yaitu:

S1 Bisnis Manajemen

Kurikulum program studi dirancang untuk menumbuhkan jiwa wirausaha yang professional dengan dilengkapi ketrampilan secara teknis dan non teknis di segala aspek bisnis dan fasih berbahasa Inggris. Pendalaman tentang praktik manajemen modern dilakukan melalui simulasi bisnis dan program "soft/hard internship" selama 7 semester.

Pada akhir studi diharapkan siswa akan mampu menyusun marketing plan, production plan, corporate budgeting, financial modeling dan business plan. Dengan demikian lulusan mempunyai alat yang lengkap untuk berkarier di dunia bisnis dan enterprise, dan memiliki jiwa kepemimpinan baik dalam suatu organisasi maupun bisnis yang dijalankan sendiri.

S1 Akuntansi

Krikulum program studi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian akuntansi yang memiliki kemampuan untuk menerapkannya di berbagai bidang bisnis.

Untuk mempertajam pemahaman tentang korelasi akuntansi dengan manajemen bisnis, telah dirancang model "assignment" yang mengintegrasikan ketrampilan teknis akuntansi dengan prinsip-prinsip manajemen perusahaan.

Admission
Kategori Beasiswa Jalur USM Atau Kategori Reguler/Non Beasiswa
Bakrie School of Management (BSM) membuka kembali pendaftaran Program S1-Manajemen dan Akuntansi tahun akademik 2009/2010. Setiap calon mahasiswa yang akan mendaftar harus melengkapi syarat pendaftaran di BSM
⢠Penerimaan mahasiswa baru TA 2009/2010 terbuka untuk lulusan SMA/sederajat tahun ajaran maksimum 2004/2005 untuk program âReguler/Non Beasiswaâ, dan maksimum 2007/2008 untuk program âBeasiswaâ.
⢠Peserta ujian saringan masuk (USM) yang melakukan pilihan program âBeasiswaâ, apabila lulus seleksi maka pada saat pengumuman akan diumumkan pada kategori lulus âBeasiswaâ.

Keterangan Lanjut tentang BEASISWA Jalur USM...

Keterangan Lanjut tentang jalur REGULER...

Kategori Beasiswa Jalur PMDK (khusus Indonesia Timur)


Bakrie School of Management (BSM) pada tahun akademik 2009/2010 membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Penerimaan Minat Dan Kemampuan (PMDK) bagi siswa berprestasi yang berminat melanjutkan pendidikan program S-1 bidang Manajemen atau Akuntansi, khususnya siswa yang masuk kategori peringkat I-III pada semester V (reguler), atau semester III (akselerasi) dengan nilai rata-rata ⥠85 skala 100. Program PMDK ini berlaku khusus di beberapa provinsi dan sekolah-sekolah

Campus Location

Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro
Suite GF, Jl. HR Rasuna Said Kav C-22
Kuningan, Jakarta Selatan
Tel. 021-5261448, 526 3182/3 Fax. 021-527 6543

bagaimana cara menghadapi perkembangan pasar bebas?
Q. bagaimana agar kita bisa bersaing dgn perkembangan pasar bebas yg semakin maju....
dan apa yg harus kita lakukan untuk menghadapi perkembangan pasar bebas???

A. untuk bersaing dengan pasar bebas :
1. mengeluarkan peraturan-peraturan pelaksanaan bisnis
2. melakukan deregulasi yang sifatnya mendorong kegiatan bisnis,dalam hal ini kita memberdayakan UKM,pengrajin-pengrajin tanah air,
3. menyelenggarakan seminar dan simposium untuk mengatasi perkembangan pasar bebas,bagaimana cara agar industri dalam negeri (perajin kita ) dapat bersaing dengan mutu dan kualitas barang-barang dari luar.
4.memberikan fasilitas investasi
5. membangun infrastruktur yang bisa menunjang bisnis
6. melaksanakan pembinaan dan pengembangan bisnis dengan departemen terkait.

( http://tabraniandryan.blogspot.com )
saya juga minta komentar anda untuk blog saya,terima kasih.

Apa yan anda ketahui tentang usaha kecil menengah (UKM) ?
Q.

A. UKM - usaha kecil dan menengah,
ada lagi istilah lain yaitu UMKM = usaha mikro,kecil,dan menengah,
Peran koperasi dan UMKM sangat penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi rkyat serta mewujudkan demokrasi ekonomi yang mempunyai ciri2 demokrats, kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan.

UMKM bagus untuk menjawab kelemahan SEK (sistem ekonomi konglomerasi) yg nyaris bikin bangkrut indonesia pada krisis 1997 lalu.
UMKM merupakan penyokong paradigma baru yaitu sistem ekonomi kerakyatan (SER) dengan ciri2 tingkat kemandirian yang tinggi, adanya kepercayaan diri, dan kesetaraan, meluasnya kesempatan berusaha dan pendapatan, partisipatif, adanya persaingan sehat, keterbukaan demokrasi, pemerataan yang berkeadilan, serta didukukng dengan industri yang berbasis SDA.
Dalam memasuki era globalisasi yang sudah dan akan kita masuki seperti AFTA tahun 2003 dan APEC tahun 2020. merupakan tantangan dan juga peluang yang sangat strategis untuk memberdayakan koperasi dan UMKM sebagai bagian dari SER. Adanya kemauan politik yang tinggi dari pemerintah juga merupakan peluang yang sangat besar untuk menumbuhkembangkan ekonomi rakyat. Melalui paradigma baru pembangunan diharapkan tidak lagi terjadi pemusatan asset ekonomi produktif pada segelintir orang (inget pasal 33: bumi,air,â¦â¦â¦digunakan sebesar2nya untuk kemakmuran rakyat) melainkan meluaskannya ke tangan rakyat.

Mengapa UMKM relative tahan banting terhadap krisis?
1.Nah akses kredit yang rendah ternyata ada sisi positifnya yaitu mereka ga tergantung pada perbankan yang sangat rentan terhadap kebijakan moneter/peristiwa moneter. Saat krismon kemaren inget g 16 bank dilikuidasi akibatnya banyak perusahaan kolaps coz ga ada dana untuk mempertahnkan bisnis mereka.
2.UMKM tu banyak yang menggunakan bahan baku local beda dengan usaha besar yang mayoritas bahan bakunya impor. Jelas aja biaya produksi jadi bengkak kan nilai rupiah turun.
3.UMKM (tmk PKL ya) jadi alternative masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah.

Permasalahan UMKM di Indonesia :
-Rendahnya produktivitas pekerja menyebabkan pengusaha kecil kesulitan memenuhi UMR (upah minimum regional). -Rendahnya produktivitas ini antara lain disebabkan oleh pendidikan, etos kerja, disiplin, tanggung jawab, dan loyalitas karyawan yang relative rendah.
-Keterbatasan akses pengusaha kecil terhadap modal
-Kemampuan manajerial dan pemasarn yang masih rendah
-Kurangnya infrastruktur di Indonesia
-Tingginya biaya impor bahan baku dan suku cadang yang berakibatnya melonjaknya biaya produksi
-Turunnya daya beli masyarakat

Dalam perkembangannya pertumbuhan UMKM sulit untuk direalisasikan sebab ekonomi yang berjalan saat ini mengarah pada kapitalisme (yang bermodal yang menang), tuntutan mekanisme pasar dan persaingan bebas (coz kl q g salah inget accesibilitas UMKM ke kredit tu sangat kecil karena
1.moral hazard perbankan Indonesia yang ga interest ke sector ini (ini si dipengaruhi 2 faktor : karena UMKM tu asetnya kecil + kos (biaya) per unit pemberian kredit ke UMKM justru lebih gede drpd ke usaha besar),
2.mekanisme perbankan yang justru memberikan bunga pinjaman yang lebih tinggi kepada usaha kecil,
3.kurangnya informasi pengusaha kecil mengenai kredit, 4.terbatasnya sumber keuangan yang ada di Indonesia).

Bagaimana mewujudkan UMKM sebagai penggerak sector riil
Pengembangan kewirausahaan
Menumbuhkan wirausaha unggul yang memiliki ciri2 berani mengambil resiko, etos kerja tinggi, daya saing yang gigih dan ulet. Oleh karena itu, sasaran pemasyarakatan dan pembudayaan kewirausahaan sangat luas meliputi generasi muda, pemimpin informal masyarakat, dunia usaha, aparat pemerintah, dan masyarakat awam.
Program kemitraan
Meningkatkan kerjasam antara koperasi, UMKM, dan UB disertai pembinaan UB kepada mitra binanya dengan mengikuti prinsip2 saling memerlukan, memperkuat, dan menguntungkan. Dalam kemitraan yang berkembang baik hendaknya tidak adabelas kasihan dari UB kepada UMKM.
Tujuan program ini adalah memberdayakan UMKM untuk memberdayakan UMKM, menumbuhkan struktur dunia usaha yang lebih kokoh dan efisien shg mampu menguasai dan mengembangkan pasar domestic, serta meningkatkan daya saing global.
Bentu/pola kemitraan dapat bermacam2: subkontrak/vendor, joint venture, persetujuan lisensi, waralaba, program inti-plasma(biasanya dalam agroindustri)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment