Friday, February 22, 2013

Gimana cara bisnis ayam kampung yang menguntungkan dan modal kecil?

Q.

A. Saya kutip dari postingan berli86 anggota forum Kaskus


Ternak ayam kampung super menjadi peluang usaha baru yang sangat menggiurkan, karena permintaan daging ayam kampung meningkat dengan signifikan. Kenyataannya budidaya ayam kampung menemui kendala utama yaitu pertumbuhan yang cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan ayam ras pedaging yang mampu panen dalam waktu 40 hari. Dengan adanya teknologi baru, kini hadir ayam kampung super atau ayam jawa super, ternak ayam kampung super secara nyata lebih menjanjikan karena dalam masa pemeliharaan panen membutuhkan waktu 55-60 hari saja.

Masa panen yang cepat pada ayam kampung super memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan diantaranya tingkat kematian yang realatif rendah, penghematan biaya pemeliharaan dan pakan. Ayam kampung super merupakan hasil persilangan terbaru yang melibatkan teknologi pemuliabiakan ternak sehingga didapatkan pertumbuhan yang cepat dan memiliki karakteristik daging dan bentuk ayam kampung.

Nilai harga jual ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler, harga berkisar antara 19rb-23rb menurut riset pasar selama tahun 2010-2011. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan.

Cara pemeliharaan ayam kampung relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Prinsipnya yaitu kandang kering, alas tidak basah dan lembab,sirkulasi cukup dan usahakan kandang dengan tipe postal/lantai semen. Cocok untuk usaha sampingan yang memiliki pekerjaan utama yang lain, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.

Analisis usaha Ternak Ayam Kampung Super

Berikut analisis bisnis ternak ayam kampung super per 100 ekor, rekomendasi pemeliharaan min 200-300 ekor karena tenaga yang digunakan untuk memelihara 100 dan 300 ekor tidak jauh berbeda,jadi alangkah lebih baik langsung 300 ekor agar untung juga bisa lebih terasa.

A. Pengeluaran
No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Pembelian bibit Ayam Kampung super Rp. 4.200 300 ekor Rp. 1.260.000
2 Pakan 0 â 60 hari Rp. 255.000 11 Sak Rp. 2.805.000
3 Vitamin dan Vaksinasi Rp. 100.000 Rp. 150.000

Jumlah Rp 4.215.000,-

B. Pemasukan

Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 280 ekor dengan berat rata-rata 0,8 â 1 kg.

Harga ayam terendah adalah Rp 18.000,-/kg (biasanya karena dampak permintaan turun, tahun 2011 terjadi di bulan januari-maret). Fluktuasi harga antara Rp 18.000,- s.d Rp. 23.000,- per kilogram (kg).
No Keterangan Harga Jumlah Kiloan Jumlah
1 Penjualan Ayam Rp 21.000/kg 0.95kg x 280 = 266 kg 5.558.000

Jumlah Rp 5.558.000,-


Keuntungan = Pemasukan â Pengeluaran
= Rp 5.558.000 â Rp.4.215.000
= Rp 1.371.000

Author : berli86
Sumber : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10134301

pembuatan kandang ternak ayam kampung?
Q. cara pembuatan kandang/rumah untuk ternak ayam kampung, termasuk ukuran dan lahan yang dibutuhkan serta peralatan (sarana/prasarana) apa saja yang harus dilengkapi/dimiliki.

A. kandang ternak ayam kampung tu
kandangnya harus tinggi maksut'na seperti rumah panggung
bahan yang di gumana biasanya bambu kasih fentilasi yang cukup banyak supaya kandangnya tidak pengap
lokasih yang paling bagus itu di daerah terbuka seperti di kebun atas di samping2 pesawahan
kalau ukuran di sesuain sama lahan dan banayaknya ayam yang mau di pelihara

semoga bermanfaat

pengen berwira swasta?
Q. huff,..aku pengen punya usaha pelihara ayam ( Usaha Ternak ayam ),... gimana ya cara nya dan prosedur nya ?? trus ribet gak sie,??...klo soal kerugian dan keuntungan nya gmana ?? tolong dong pendapat nya saya serius...

A. usaha ternak ayam untuk skala bisnis minimal harus perseribu ekor. namun klo untuk ayam sayur dan ayam petelur jujur saja tidak terlalu mudah bagi pemula.
kenapa karena semua aspek sudah dikuasai pengusaha besar, mulai dari DOC, pakan, obat-obatan sampe penjualan hasil panen sudah dikuasai pemodal besar. kita hidup di negara kapitalis.

jadi klo anda mau mulai saran saya sih ikut menjadi peternak plasma dulu kepada peternak besar tujuannya agar anda tahu kondisi dan untuk cari ilmu dan pengalaman.

memelihara ayam itu susas-susah mudah sebagai contoh ketika memberi faksin menyuntik ayam kelihatan nya sepele namun jika salah akan banyak ayam yang mati.

mudah2an membantu




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment